Destinasi Wisata Alam Bontang


Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah,  menjadi salah satu tujuan utama Wisata Bahari para Touris Lokal maupun Asing bila berada di Kota Bontang Kalimantan Timur. Dengan tampakan air laut yang jernih mempertajam keindahaan pulau ini, terlebih bila Anda berada di atas kapal menuju Pulau Beras Basah, hijaunya tumbuhan bawah laut dan Ikan-Ikan yang bermain disekitarnya tidak akan lepas dari pandangan andah bila menengok kedasar laut.

Disaat anda telah mendekat di Pulau Beras Basah, akan terlihat mercesuar yang tinggi menjulang, disertai jembatan kayu panjang menjulang melewati bibir pantai yang menjadi pelabuhan Anda untuk menikmati eksotisme Pulau Beras Basah. Setelah melewati jembatan, Para pengunjung akan disambut dengan Land Mark yang bertuliskan Pulau Beras Basah, dengan tinggi  kurang lebih 5 meter.

Pasir putih yang menjadi daratan tempat ini semakin membuat anda terpesona, apalagi ketika pasir putih ini tergerus oleh ombak, membuat anda sadar mengapa nama tempat ini Beras Basah.  Ya, pasir berubah layaknya butiran beras yang basah terkena air, sehingga keunikan pulau ini menjadi sangat inspiratif bagi Anda yang mengagumi keindahan alam.

Tidak hanya itu yang anda dapatkan, suasana traditional dengan deretan perahu nelayan yang menyambangi Pulau beras Basah, semakin menghangatkan anda akan budaya  Indonesia, apalagi kawasana menjadi menarik dan berbeda dibanding pulau tujuan Pariwisata lainya. Ditambah lagi dengan Kera yang berlarian mencari sisa-sisa makanan yang berserakan.

Selain wisata yang sangat bersuasana Traditional, Pulau Beras Basah juga tidak ketinggalan dengan Suasana Modern, yang mana belakangan ini menjadi target para wisatawan dalam menikmati keindahaan biota laut. Anda bisa langsung berhadapan dengan keindahan tersebut dengan  diving dan snorkeling disekitaran Pulau Beras Basah. Dari itu, Anda juga akan ditingkatkan adrenaline-nya dengan Terjun Payung yang ditarik dengan speed boot , kedua hal ini akan menjadi jawaban dari penat yang melanda dalam menjalani rutinitas sehari-hari Anda.

Lalu Bagaiman anda menuju surga alam yang berada di Kota Bontang, Kalimantan Timur. Cukup mudah, bila Anda berasal dari luar Pulau Kalimantan, ataupun mendarat di Bandara Sepinggan yang berada di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Perjalanan tercepat menuju Kota Bontang dari Kota Balikpapan dengan menggunakan transportasi udara. Ada 2 kali penerbangan ke Bontang dengan dua pesawat DC 10 carter PT Badak NGL dan PT Pupuk Kaltim, pada pukul 10:00 dan 14:00 setiap hari kerja. Namun karena pesawat milik perusahaan, untuk itu seat yang tersedia terbatas, dan kadang perlu sedikit keberuntungan, untuk mendapatkan seat yang kosong. Untuk tarif pesawat Kota Balikpapan-Kota Bontang dikisarkan Rp 500.000, dengan durasi penerbangan 30 menit.

Anda juga bisa memilih menggunakan transportasi darat dari kota Balikpapan.Bila menggunakan Bus Anda akan menempuh perjalanan sekitar lima jam dengan tarif sekitar Rp 85.000. Selain itu Anda juga dapat menggunakan Taxi bandara dan rental Mobil. Untuk tarif Taxi  dan rental mobil berkisaran Rp. 500.000, dengan durasi perjalanan 2 jam anda akan tiba di Kota Samarinda dan 2 jam kemudian tiba Anda sudah berada di kota Bontang Bontang.

Namun bila anda telah berada di Kota Samarinda, anda cukup menggunakan Bus dari Terminal Lempake Kota Samarinda dengan tarif  Rp. 15.000 – Rp. 25.000 ke Terminal Bontang dengan durasi perjalanan dua jam. Terminal bus reguler umumnya beroperasi dari pukul 05:30 hingga 22:00, untuk itu pastikan anda tidak kemalaman tiba di tiap terminal bus.

Setelah Anda tiba di Bontang, Anda dapat langsung menggunakan transportasi darat dengan tarif sekitar Rp 5.000 untuk menuju Bontang Kuala dan Tanjung Laut. Setibanya disana anda akan langsung melihat beberapa kapal penumpang yang siap mengantar Anda, menuju Pulau Beras Basah, dengan tarif penyewaan kapal Rp 300.000 – Rp. 400.000.

Under water Beras Basah Island?????????????????????? ??????????????????????beras basah5 Beras Basah-Edit DSCN1496

Hutan Mangrove

Banyak tempat dikota Bontang, yang memiliki taman atau wisata pemandangan Mangrove. Hal ini Karena adanya dua Perusahaan besar yang berada dikota ini, dan bergerak pada perminyakan dan zat kimia, dan untuk menjaga keseimbangan alam di Kota Bontang, Penanaman Mangrove pun hampir terdapat disekitar daerah pesisir kota Bontang.

Bontang memiliki wilayah laut yang luas, yakni 70,29 persen dari luas Bontang. Dan menurut hasil survei Marine Resources Evalua­tion Project (MREP) pada 1995, diketahui bahwa sumber pesisir dan laut di Kota Bontang meliputi hutan mangrove sekitar 600 Ha, dan terus berkembang hingga saat ini. Meliahat statistik ini, Anda pasti sudah bisa membayangkan bagaimana luas hutan Mangrove yang dimiliki Kota Botang.

Dan salah satu yang terunik dari Mangrove yang berada di Kota Bontang, terdapat di Berbas Pantai. Begitu Anda melihat hamparan Pohon Mangrove berwarna Hijau, akan langsung terasa ketenangan hati. Anda awalnya anda akan disambut patung dua Bangau yang berhadapan, sebagai mascot utama kota Bontang. Yang berada Digerbang masuk jembatan Wisata Mangrove.

7000 Mangrove, berada pada lokasi seluas 3,5 Ha menjadi salah satu keindahaan natural kota Bontang. Dan cara untuk menikmatinya, adalah dengan mengelilinginya dengan jembatan yang melikuk-likuk diantara mangrove. Apalagi keindahaan Alam ini  digabungkan dengan pondok berteduh yang berada di sekitar jembatan, yang akan semakin memukau Anda.

Di Beberapa Tempat Hutan Mangrove ini, juga terdapat kolam natural, yang digunakan, anak-anak penduduk sekitar sebagai tempat bermain, dengan teriakan dan keceriaan masa kecil mereka, sehingga memberi suasana yang cukup menggemaskan Anda. Untuk itu bila Anda berada di Kota Bontang dan tidak datang mengunjungi tempat ini, akan sangatlah disayangkan.

Untuk menuju tempat ini, Anda dapat menggunakan ojek, dengan lama perjalanan sekitar 10 menit dari pusat kota, dan bertarif sekitar Rp 10.000. Atau anda juga dapat merental mobil di Kota Bontang dengan Harga Rp 250.000/ Hari, dan jadikanlah Hutan Mangrove Berbas Pantai, salah satu persinggahaan Anda.

Hutan MangroveHutan Mangrove1 Hutan Mangrove3 IMG_1275

 Lembah Hijau Lestari

Terbentuk Sejak 2013, Lembah Hijau Lestari (LHL) Kota Bontang, menjadi pilihan menyenangkan keluarga diakhir pekan. Banyaknya pilihan hiburan di lokasi ini, menjadikan daya tarik untuk turis local mauun non local untuk mengunjunginya. Selain itu, untuk urusan harga, LHL termasuk terjangkau dari kalangan menengah kebawah hingga menengah atas.

Memasuki gerbang LHL, yang terletak di daerah pegunungan, Anda langsung ditawari pandangan indah Hutan Hujan Tropis kota Bontang dari kejauhan. Berjalan sekitar 10 meter dari Gerbang utama, Anda akan disambut ramah karyawan yang berada pada pos loket karcis. Untuk memasuki area tersebut, pengunjung harus meruguh kocek Rp 5.000, diluar menikmati aktifitas permainan LHL. Namun bagi yang hanya ingin berjalan-jalan itu akan terasa cukup, karena anda sudah dapat mecuci mata dengan melihat aneka macam binatang yang unik,serta aneka Anggrek dan tanaman lain yang jarang anda temui.

Namun tidak akan terasa istimewa, bila anda tidak mencicipi hiburan yang disediakan, untuk wisata Adrenaline, anda dapat berayun dengan Flying Fox, Hiking dan merasakan ketinggian dengan Hige Rope. Dari itu LHL juga menyuguhkan wisata keluarga yang akan semakin membawa keceriaan pada keluarga Anda, terdapat Water Boom, Sepeda air bebek, Istana Balon,  dan Memancing di Kolam ikan, dengan gazebo bernuansa traditional.

Anda tidak perlu Khwatir dengan biaya dua wisata diatas, karena tidak akan merogok kocek anda terlalu dalam, hanya sekitar Rp.10.000 – Rp 50.000. Dan anda sudah menikmati akhir pekan atau masa libur panjang dengan keluarga ataupun teman-teman. Yang paling menyenangkan dan tidak akan habis untuk diceritakan, bila anda menyewa kolam lumpur, untuk bermain bersama, penyewaan ini bertarif Rp.500.000/ Hari.

 Dari itu bila anda berada dari luar kota, atau ingin merasakan suasana berbeda. Anda dapat menyewa tenda  Doom Camping yang berkafasitas 10 orang, dengan tarif Rp.150.000, dan anda akan merasa berada dihutan pedalaman ditambah dengan Api unggu yang ditarif Rp.300.000. Namun bila Anda ingin merasakan kenyamanan elegan, Anda dapat menyewa kamar atau penyewaan tempat, untuk yang satu ini Anda harus menganggarkan keuangan yang sedikit lebih, karena tarifnya dimulai dari Rp.250.000-Rp.1.000.000.

Lalu bagaimana untuk sampai ke LHL, Cukup mudah bila anda berasal dari Bontang atau luar kota, dan memiliki kendaraan pribadi, Anda cukup menuju arah Jl. Muh Roen, ataubila anda lebih menegenal Kantor Walikota yang berdampingan dengan Gedung DPRD Bontang, dan Kantor Dinas, Anda cukup menelusuri jalan tersebut, dan anda akan melihat gerbang besar LHL.  Namun bila anda tidak memiliki kendaraan, anda cukup menggunakan Ojek ataupun menyewa kendaraan roda empat dan dua yang berada di pusat kota Bontang, tarif penyewaan mobil diperkirakan Rp200.000-Rp250.000/Hari. Sedangkan untuk ojek, diperkirakan bertarif sekitar Rp10.000-Rp25.000/orang, tergantung  dari sisi Kota Bontang mana Anda berada.

https://lastsociety.wordpress.com/
https://lastsociety.wordpress.com/

Untitled

Hutan Taman Nasional Kutai

Bila Anda menuju Bontang, Anda tidak akan melewatkan tempat yang satu ini, Ya apalagi kalau bukan, Taman Nasional Kutai yang didalamnya terdapat Hutan lindung Sangkima yang terletak di Jl. Awang Long Tromol Pos 1 (Km45) Bontang. Bila Anda pertama kali menuju tempat ini, Anda tidak akan menyangka, akan keindahaan Alam Indonesia yang luar biasa. Anda akan dimanjakan akan pemandangan Alam dengan indahnya matahari, yang menyinari pohon-pohon di Hutan ini. Wisata Ini sangat cocok untuk keluarga ataupun bersama dengan teman-teman Anda.

Di awal perjalanan Anda menelusuri Hutan Lindung Sangkimah, Anda akan disambut petugas loket yang Ramah, yang siap memberikan Anda arahan dan petunjuk serta brousur, untuk menulusuri Hutan. Anda ju7ga sudah harus membayar tiket masuk, tiketnya pun terbilang relatif murahhanya Rp 1.500/ orang, dan bila Anda membawa camera maka akan dikenakan biaya tambahaan Rp 3.000. Selain tempat pembelian tiket loket ini juga menyediakaan sovenir khas, yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman Anda.

Pertama masuk Anda akan takjub melihat rindangnya pohon dan udara sejuk didalam hutan, kemudain Anda akan melalui  jalanan yang telah terbuat dari papan-papan kayu  ulin, yang menjaga keamanaan Anda dalam perjalanan. Beberapa meter menikmati hijaunya Hutan Sangkimah, Anda Akan kembali harus menyeberangi sungai dengan jembatan gantung, layaknya Film Indiana Jones, Anda akan kembali dimanjakan dengan indahnya aliran sungai yang dikelilingi oleh Hutan belantara.

Yang paling menakjubkan dari perjalanan Anda ini, Adalah ketika Anda bertemu dengan Pohon Ulin yang berusia 1 millenium, Tinggi pohon ullin sekitar 20-30 meter dengan diameter 60-120 cm. Pasti Anda sudah bisa bayangka bagaiman Anda bila berada disamping pohon ini.Untuk itu tempat ini paling diminati, sebagai tempat mengabadikan moment bersama pohon yang telah hidup dan mengamati bumi ini jauh sebelum kita lahir.

Selain itu terdapat beberapa hewan yang juga ikut menghuni Taman Nasional Kutai-Bontang Ini. Ada beberapa serangga yang belum teridentifikasi, karena keunikan bentuk dan warnanya, ini akan menakjubkan untuk disaksikan. Dan Anda akan juga menyaksikan orangutan yang bergantungan dan bermain dengan temannya, atau yang sedang mengamati seklitarnya, hal ini sangat sayang dilewatkan bila Anda berada di Kalimantan.

Untuk menuju tempat ini, Bagi Anda yang telah berada di kota Bontang, sebagai touris dapat menggunakan rental kendaraan roda empat Rp 250.000/hari, ataupun menggunakan Bus sekitar Rp 30.000. Dijamin Anda akan puas bila menuju tempat ini, karena selain sebagai olahraga, Anda akan juga mendapat tambahaan wawasan tentang alam kalimantan.

National Park KutaiDSC_4820 IMG-20130817-01326taman-nasional-kutai-2 wingyc

 Bukit Kusnodo

Bukit Kusnodo, salah satu tempat terasik bila anda bersama teman-teman atau keluarga ingin melihat Kota Bontang secara keseluruhaan. Dari tempat ini Anda dapat melihat obor dan tabung-tabung raksasa milik NGL Badak, serta perumahaan penduduk, selain itu Anda juga melihat ribuan Sawit yang terbentang, serta rumah perkampungan yang ada di Kota Bontang.

Bukit ini terletak tidak jauh dari Hotel Garden, atau tepatnya Jl Arief Rahman Hakim Km 3. Akses jalan bisa dilewati semua jenis kendaraan, untuk itu Anda tidak perlu kuatir bila tidak mampu berjalan kaki. Selain itu udara di tempat ini masih terasa murni, dan sangat nyaman bila ingin merasakan natural alam Kota Bontang.

Namun tempat ini masih jarang dikunjungi karena jauhnya perjalanan tempat ini dengan kota Bontang. Dalam sepuluh menit , Anda mungkin hanya melihat satu kendaraan yang melintas, untuk itu, bila Anda ingin mengunjungi tempat ini, sebaiknya menggunakan kendaraan sewaan, Atau meminta ojek untuk menunggu atau menjemput Anda kembali.

Untuk biaya perjalanan menuju tempat ini, Anda harus mengeluarkan dana sekitar Rp 25.000-Rp50.000 untuk menggunakan ojek. Sedangkan untuk penyewaan mobil rental, Anda harus membayar sekitar Rp 250.000/ hari. Dan dijamin bila Anda suka dengan ketenangan dan keramaahaan Alam, Anda tidak akan menyesal untuk mengunjungi tempat ini.

Panorama Bukit KusanodoIMG_1538 IMG_1540

Bontang Kuala

Tidak Jarang Kita melihat Perumahaan di atas laut ketika mendatangi provinsi Kalimantan Timur, namun jarang terlihat perumahaan di atas laut tersusun rapi hingga menjadi tempat wisata. Namun inilah yang tampak pada Perumahaan di atas laut Bontang Kuala. Terletang disebelah Timur Kota Bontang, dan langsung bersampingan dengan Selat Makassar, memebuat tempat ini begitu Indah, apalagi pada malam hari ketika lampu disetiap rumah menjadi penerang. Akan sangat menakjubkan melihatnya.

Perkampungan yang berdiri secara natural ini, terjadi, akibat transmigrasi masyarakat diluar pulau Kalimantan ke Kota Bontang. Satu persatu rumah terbangun, yang kemudian hingga kini telah mencapai angka dikisaran 4000 rumah. Penduduk yang telah berbaur dengan penduduk lokal berpuluh-puluh tahun lalu, membuat suasana hetrogen dengan menjunjung tinggi nilai kebersamaan, memberikan harmonisasi tersendiri bila Anda berinteraksi dengan warga sekitar. Mayoritas penduduk berpenghasilan sebagai nelayan, hingga suasana komersial hampir jauh dari tempat ini.

Untuk itu semua yang ada di perumahaan diatas laut ini, menjadi unik, bukan hanya dari segi Budaya, namun juga kehidupan Sosial. Dari itu yang lebih mencengangkan lagi adalah pemukiman di atas laut ini begitu bersih, sehingga tidak akan ada perasaan tidak nyaman, bila anda berada disana.

Bila Anda mengelilingi perumahan di atas laut ini, akan terlihat pemandangan yang menawan dengan laut yang terbentang luas dan tampak berbeda disetiap harinya, tempat ini juga dipenuhi dengan tempat persinggahaan yang menarik disetiap sisinya, dan pastinya terdapat pula Café nongkrong yang Asik. Sehingga Anda tidak akan pernah bosan mendatangi tempat ini untuk berkali-kali.

Selain café nongkrong, beberapa rumah makan di tempat ini juga menyuguhkan hidangan Sea Food yang rasanya jelas berbeda, apalagi hasil laut yang disajikan baru saja dipanen nelayan. Terasa kesegarannya hingga dilidah Anda. Yang menariknya lagi cara penyajiannya dilakukkan secara tradisional hingga kelejatan makannanya tidak kalah dengan restoran di hotel bintang lima.

Lalu Bagaimana untuk berkunjung ke tempat ini, Anda yang dari luar kota dan tiba di Kota Bontang, melalu jalur darat, dan berada di terminal bus Malvinas Km 6 ataupun melalui udara, dan berada di Bandar Udara Bontang, Anda dapat langsung mencari Angkutan umum (Angkot dan Ojek) disekitar Anda yang menuju Perumahaan di atas Laut Bontang Kuala. Dengan waktu perjalanan sekitar 10 menit, Anda tidak akan merasa bosan, karena Jalanan lurus disertai mangrove yang berjejer disepanjang jalan akan menemani anda akan tiba ditempat tujuan Anda, untuk tarifnya, Anda hanya akan mengeluarkan uang sekitar Rp 5.000-Rp20.000/Orang.

Pemukiman Di Atas AirIMG_1447 IMG_1448 Perkampungan Atas Air

 Pantai Marina

Pantai Marina adalah pantai yang terletak di Selatan Bontang tepatnya berada dalam Kompleks PT Badak NGL, Sekitar 4 km dari pusat kota Bontang. Menjadi salah satu pilihan menarik Wisata Alam Anda. Kenyamanan Dan keindahaan, Serta suasana keakrabaan Anda bersama teman, kerabat dan keluarga dapat terbangun baik di Pantai Idola Masyarakat Bontang ini.

Pasir Putih terbentang menjadi karpet pantai ini, memberikan gambaran eksotik-nya pantai ini. Terlebih lagi dengan Air berwarna kebiruan dengan Ombak yang tidak terlalu besar, menambah ketenangan hati anda, terlebih dengan pohon-pohon yang tumbuh disekitarnya, memberikan kesejukan. Untuk itu wisata pantai ini paling komplit untuk bersantai dari penaknya aktifitas sehari-hari.

Namun Adannya Privatisasi dari Badak NGK, tempat ini sudah bukan tempat publik lagi. Karena hanya diperuntukkan untuk Pegawai NGK. Namun bila Anda punya teman atau Kerabat yang bekerja untuk Badak NGK, Anda punya kesempatan untuk masuk dan menikmati sejuknya Udara dan rindangnya pohon-pohon disekitarnya. Namun bila tidak ada, Anda dapat melihatnya melalui berbagai enggel. Dari Café Singapore, atau Pelabuhaan Berbas Pantai. Pemandangannya dari Kejauhaan saja sudah memukau, apalagi bila Anda berada disana.

Pantai Marina2 3 pantai marina bontang 3 pantai marina bontang 5

Padang Golf Bintang Sintuk

Tempat wisata alternative padang Golf, hampir tidak tersentuh untuk kelas menengah bawah, dibeberapa kota besar di Indonesia. Namun hal ini berbeda di Kota Bontang, tempat ini menjadi wisata kunjungan yang menarik bagi semua lapisan masyarakat. Sejuknya pepohonan disekitaranya, dan hijaunya padang rumput, akan membawa imajinasi anda ketempat berbeda. Dan khusus Anda pecinta Fotografi, inilah tempat yang menarik untuk melihat sisi lain keindahaan Alam Kota Bontang.

Terletak didalam kompleks Perusahaan Pupuk Kaltim, dan sangat mudah diakses untuk masyarakat umum, membuat tempat ini menjadi tempat yang asik untuk disinggahi, untuk mencari udara segar. Namun bila Anda memang ingin menikmati bermain Golf, hal tersebut akan menjadi menarik, karena Anda akan ditonton pengunjung lain, sehingga terasa Anda sedang mengadapi Tiger Woods di kejuaraan dunia.

Disekitarnya terdapat pula lapangan Basket dan Volly, serta taman yang nyaman untuk duduk bersantai, Yang juga tidak kalah mengasikkan, terdapatkolam renang di belakang lapangan Golf, yang juga terbuka untuk umum. Anda dapat merasakan nikmatnya permandian kolam renang ini,yang dikelilingi hamparan hijau pepohoan. Dan bila Anda berminat untuk mencoba fasilitas olah raga yang ada pada kompleks PT. Pupuk Kaltim, Anda cukup mendatangi Sekertariat disetiap tempat lapangan olah raganya.

Lalu bagaiman untuk menuju tempat ini, Karena kurangnya angkutan umum yang berada dikota ini, dan juga larang untuk angkutan umum melewati tempat ini, maka Anda hanya akan mempunyai dua pilihan, menyewa Mobil Rental yang berkisar Rp.200.000/Harinya, atau menggunakan Ojek untuk pulang pergi,yang  bertarif Rp 25.000-Rp50.000.

Padang Golf Bukit Sintuk2 3

Leave a comment